Minggu, 14 Januari 2018

Wisata Raja Ampat

Wisata Raja Ampat di Papua menawarkan sejumlah objek wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan mancanegara pada khususnya, yakni diving. Kegiatan diving (penyelaman bawah laut) dan snorkeling di Raja Ampat akan menunjukkan keindahan alam bawah laut Wisata Raja Ampat di Papua yang begitu mempesona, dengan berbagai jenis spesies ikan serta terumbu-terumbu karang yang hidup natural. Diving di Raja Ampat akan menunjukkan kepada Anda berbagai aneka spesies ikan yang bahkan belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Ingat, 75% spesies ikan dunia berada di Raja Ampat. Pernahkah Anda melihat ikan pari manta? Lebar tubuh ikan pari ini bahkan mencapai 2 m.
Untuk kegiatan diving, baca juga artikel yang mengupas tentang diving Raja Ampat di Pulau Wayag.
Paling sedikit terdapat 1500 spesies ikan, 537 spesies koral, dan 699 hewan tak bertulang belakang yang dapat Anda temukan di alam bawah laut Raja Ampat. Untuk diving, Anda akan ditemani oleh ahlinya dan menggunakan peralatan menyelam yang lengkap. Jika Anda pernah melakukan diving di pantai-pantai lain, maka Anda akan begitu takjub terhadap keindahan bawah laut Raja Ampat Papua. Terumbu karang yang hidup menjadi tempat sumber makanan ribuan spesies ikan dan satwa laut lainnya. Ekosistem yang sangat natural dan demikian mempesona inilah yang membuat Raja Ampat dijuluki sebagai Amazon Lautan Dunia.
Sebagian orang menyebutkan wisata Raja Ampat di Papua ini adalah surga wisata tersembunyi yang dimiliki oleh Indonesia. Wisata Raja Ampat mungkin dapat dinobatkan sebagai wisata alam bawah laut paling mempesona yang dimiliki oleh Indonesia. Yang dapat menandingi keindahan alam bawah lautnya mungkin hanya wisata Pulau Weh di Sabang, Aceh. Jika tempat wisata Raja Ampat berada di bagian timur Indonesia, maka wisata Pulau Weh Sabang berada di bagian paling barat Indonesia.
Trip ini semi backpacker, dikarenakan fasilitas Homestay sederhana dan menggunakan Kapal Express umum menuju ke Waisai, tetapi trip ini mencakup icon-icon di Raja Ampat. Selain wisata alam, Wisata Raja Ampat ini juga menyajikan trip kearifan lokal dengan mengujungi Desa-desa di Raja Ampat sekaligus berinteraksi dengan pengunjung sekitarnya.
Berikut Beberapa Wisata Raja Ampat :
Kepulauan Wayag

Instagram by @bolang_ascod
Kepulauan Wayag terletak di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Untuk dapat menuju tempat yang sangat menakjubkan ini, anda dapat mengaksesnya dari Sorong menuju Kepulauan Wayag yang memerlukan waktu sekitar 6 jam perjalanan. Biaya wisata Raja Ampat untuk menyewa kapal ini dipatok tarif Rp. 6.000.000,- Waw, sungguh perjalanan yang menguras kantong! Akan tetapi, uang yang anda keluarkan tidak akan pernah anda sesali karena begitu anda sampai di Pulau Wayag, anda akan melihat pesona keindahan Raja Ampat.
Di sana akan nampak gugusan pulau-pulau kecil, dimana pulau-pulau kecil tersebut merupakan pulau-pulau karang yang ditumbuhi pepohonan. Saat anda datang ke sini dan berjalan-jalan dengan menggunakan kapal, hamparan air laut kebiru-biruan dengan paduan warna hijau dari pulau-pulau kecil akan membuat anda tak bosan-bosannya memandang.
Uniknya, saking jernihnya airnya sehingga anda dapat melihat dengan jelas ikan-ikan hidup bebas berenang di dalam air serta terumbu karang yang tumbuh dengan subur. Keadaan alam kepulauan Wayag masih sangat asri serta keindahan dan kebersihannya sangat terjaga.
Satu tempat wisata Raja Ampat Papua Barat yang wajib dikunjungi pada kawasan ini adalah Pulau Karang. Di sini anda diajak bukan untuk melihat pemandangan bawah laut, tapi untuk anda ditantang mendaki puncak sebuah pulau unik yang memiliki kemiringan 90 derajat dan akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai di puncaknya. Tentunya akan sangat menguras fisik dan stamina anda.

Perairan Pulau Misool

Instagram by @indonesiatropic
Pulau Misool merupakan satu dari empat pulau terbesar di Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Pulau Misol berbatasan dengan Laut Seram dan perairan lepas yang menjadi jalur lintas hewan besar seperti ikan paus.
Anda dapat menikmati keindahan Pulau Misool tanpa harus berbagi dengan banyak orang, karena tempat ini sejatinya tak berpenghuni. Keindahan sepanjang wilayah pulau Misool sungguh tak dapat diragukan lagi. Bagaimana tidak, pada bagian barat dan timur terbentang sederetan pulau batu karang.
Keindahan pemandangan bawah laut di Pulau Misool sudah dirasakan walaupun anda belum mencebur ke dalam airnya sekalipun. Air di sini sangat bening dan berwarna turquoise sungguh snagat mempesona. Pulau yang nyaris tak disentuh manusia ini menghampar pasir putihnya disepanjang pesisir pantai yang dikelilingi pohon hutan tropis dan mangrove yang hijau permai.
Uniknya, perairan tempat wisata di Raja Ampat Pulau Misool ini , airnya menampakan warna blue water Mangrove yang di dalamnya hidup berbagai jenis ikan. Keadaan blue water Mangrove dikarenakan akar-akar pohon bakau bertemu dengan titik dimulainya terumbu karang tumbuh. Bahkan beberapa pohon bakau ditempeli terumbu karang. Usut punya usut, Pulau Misool mulai terkenal saat seorang jurnalis mengabadikan fotonya dengan menampakan keindahan bawah air.
Pulau Salawati

Instagram by @_gwen_shop_
Perairan di sekitar pulau Salawati menjadi saksi dahsyatnya perang dunia ke dua. Di kawasan Raja Ampat, tepatnya perairan Salawati banyak ceceran kapal laut dan pesawat yang tenggelam di perairannya, seperti Shinwa Maru, pesawat P40, mesin-mesin korban PD II, dan masih banyak lagi yang kini terus mendarat di dasar laut ini.
Bangkai ceceran benda-benda tersebut sekarang telah menjadi sebuah tempat wisata yang memberikan pemandangan baru nan indah. Hal ini dikarenakan bangkai kapal dan pesawat tersebut justru menjadi tempat tinggal ikan-ikan dengan berbagai jenis. Ditambah lagi dengan suasana perairan yang jernih dan keindahan lingkungan yang masih sangat asri yang menjadi daya tarik tersendiri di Pulau Salawati.

Stasiun Pencucian Pari Manta


Instagram by @fianbkl
Tempat wisata Raja Ampat ini memiliki nama yang unik. Bahkan bisa jadi anda menjadi penasaran! Sebenarnya ini hanyalah sebuah istilah dari aktifitas ikan pari manta yang pesolek. Taukah anda kenapa disebut pesolek? Hal ini dikarenakan ikan ini sanggup menghabiskan waktunya berjam-jam hanya untuk membersihkan diri. Tidak hanya manusia saja rupanya ya yang bisa menghabiskan waktu lama untuk bersolek. Hehehe..
Uniknya, yang memersihkan diri bukanlah ikan pari sendiri, akan tetapi ada petugasnya berupa ikan-ikan kecil, seperti tim pencuci mobil. Jadi satu pari manta selesai dibersihkan, gerombolan ikan kecil ini akan berpindah tempat untuk membersihkan ikan pari manta lainnya dengan sabar menunggu antrian.
Coba anda bayangkan, bagaimana uniknya pemandangan langka ini. Saat anda menyaksikan langsung kegiatan ikan-ikan pari bersolek, ikan pari dengan lebar 5 meter ini melayang-layang di atas kepala anda untuk menunggu antrian untuk dibersihkan oleh ikan-ikan kecil layaknya pasukan angelfish yang tak kenal lelah dan pamrih dan menjalankan tugasnya.
Kegiatan bersolek ini memiliki manfaat luar biasa, yaitu menghilangkan parasit yang tumbuh di tubuh serta membersihkan luka-luka agar tidak menjadi infeksi. Kegiatan seperi ini menjadi pemandangan yang langka untuk anda jumpai.

Di Waigeo terdapat 2 salon kecantikan ikan pari. Tapi ingat, anda harus meminjam tali berkait untuk mengaitkan tubuh ke hardcolar demi menjaga keamanan dan keselamatan anda saat menyaksikan adegan langka ini. Hal ini dikarenakan di sekitar perairan ini memiliki arus yang cukup deras. Anda juga akan memerlukan guide untuk mengantar ke salon ini, karena kalau anda belum tau cara menaklukan ikan-ikan tersebut, mereka akan kabur.

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar