Minggu, 14 Januari 2018

Cara Mengatasi Rambut Rontok

         Rambut bisa dibilang merupakan sebuah mahkota, tidak hanya bagi wanita saja, namun juga bagi laki-laki. Hal tersebut tidaklah salah karena rambut yang sehat tentunya akan sangat menunjang penampilan setiap orang. Namun masalahnya, rambut sangatlah rentan terhadap berbagai masalah. Selain ketombe, masalah yang sering dihadapi setiap orang terkait masalah rambut adalah rambut rontok.
       Walaupun rontoknya rambut tidak memberikan rasa sakit, namun kondisi ini tentunya akan sangat mengganggu penampilan dan membuat setiap orang menjadi tidak percaya diri. Tentunya setiap orang akan merasa risih bukan ketika mereka mendapati terlalu banyak helaian rambut pada sisir setelah mereka selesai menyisir rambut? Nah, lalu bagaimanakah cara mengatasi rambut rontok dengan cepat? Di artikel ini, kamu akan menemukan definisi rambut rontok, penyebab terjadinya rambut rontok dan berbagai macam cara mengatasi rambut rontok secara cepat, aman, dan juga mudah.

Apa Itu Rambut Rontok?

Rambut rontok merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika jumlah rambut pada kulit kepala mengalami penurunan. Sebenarnya, rontoknya rambut merupakan suatu hal yang normal dan pastinya akan dialami semua orang. Pada umumnya, rontoknya rambut masih dianggap normal ketika setiap harinya rambut yang rontok dari kulit kepala tidak lebih dari 100 helai.
Namun apabila jumlah kerontokan rambut lebih dari 100 helai setiap harinya, maka mungkin kerontokan rambut yang kamu alami disebabkan oleh berbagai faktor-faktor penyebab rambut rontok. Di pembahasan berikutnya, kamu akan mengetahui berbagai macam faktor yang menjadi penyebab rontoknya rambut di kulit kepala.

Penyebab Timbulnya Rambut Rontok



25 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami, Cepat dan Mudah
Via cdn.skim.gs

Sebelum kamu mengetahui berbagai macam cara mengatasi rambut rontok secara cepat, maka tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebab timbulnya rambut rontok. Ternyata, ada banyak penyebab mengapa rambut bisa rontok. Dibawah ini, kamu akan menemukan berbagai macam penyebab rontoknya rambut.

1. Pengaruh Hormon

Tidak bisa dibantah bahwa memang hormon merupakan salah satu hal yang paling berpengaruh terhadap rontoknya rambut. Biasanya, hormon yang dapat membuat rambut menjadi rontok adalah hormon DTH. Hormon ini dapat diproduksi sebagai akibat tingginya kadar hormon progesteron, estrogen, atau testosteron di dalam tubuh. Nah, hormon DTH ini akan membuat sel folikel rambut menjadi menyusut, sehingga rambut menjadi sangat mudah rontok.

2. Malnutrisi

Selain hormon, faktor kurangnya gizi di dalam tubuh atau biasa disebut dengan malnutrisi juga akan membuat rambutmu mudah rontok. Sel-sel folikel rambut dan kulit kepala tentunya memerlukan suplai nutrisi yang cukup agar mereka dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Nah, jika tubuhmu tidak memiliki cukup gizi, maka tentu saja kulit kepala dan sel folikel rambut akan kekurangan nutrisi, sehingga mereka tidak bisa tumbuh dengan baik dan mengakibatkan rambut mudah rontok.

3. Pengaruh Bahan Kimia

Bagi kamu yang suka mewarnai rambut dan juga melakukan perawatan rambut di salon, maka kemungkinan kamu mengalami rambut rontok juga akan semakin besar. Rambut yang terlalu banyak terkena paparan bahan kimia seperti saat kamu melakukan perawatan di salon atau saat kamu mewarnai rambut akan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan sangat rentan patah, sehingga membuat rambut menjadi rontok.

4. Pengaruh Obat-Obatan

Mengkonsumsi obat-obatan juga memiliki efek samping yang akan membuat rambut menjadi mudah rontok. Biasanya, obat-obatan yang akan membuat rambut menjadi mudah rontok adalah obat untuk mengobati arthritis, tekanan darah tinggi, dan juga gangguan jantung. Namun, rontoknya rambut akibat faktor obat-obatan hanyalah bersifat sementara karena setelah kamu berhenti mengkonsumsi obat-obatan, maka rambutmu akan semakin sedikit yang rontok.

5. Faktor Genetik

Tidak bisa disangkal bahwa faktor genetik juga memiliki peranan yang cukup besar dalam rontoknya rambut. Jika kamu memiliki orang tua dengan riwayat kebotakan, maka tentu saja kemungkinan kamu akan mendapatkan hal yang sama cukup besar. Biasanya, anak laki-laki lebih rentan mengalami hal ini dibandingkan dengan perempuan.

6. Stress

Stress juga menjadi salah satu penyebab utama mengapa rambutmu menjadi semakin mudah rontok. Ketika kamu stress, maka sirkulasi darah di dalam tubuhmu terganggu. Jika sirkulasi darah di dalam tubuhmu terganggu, maka tentu saja kulit kepala dan juga sel folikel rambut akan kekurangan suplai oksigen dan juga nutrisi yang mereka butuhkan untuk tumbuh dengan sehat. Jika sudah begitu, maka rambut akan menjadi lebih rapuh dan sangat mudah untuk rontok.

7. Pertambahan Usia

Faktor rontoknya rambut yang satu ini memang tidak bisa dihindari karena seiring bertambahnya usiamu, maka semakin tipis pula sel folikel rambut sehingga rambut menjadi lebih mudah patah. Namun, kamu bisa memperkecil frekuensi rontoknya rambut dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein, zat besi, zinc, dan vitamin.

Fakta-Fakta Mengenai Rambut Rontok

Setelah kamu mengetahui berbagai penyebab mengapa rambut rontok bisa terjadi, tentunya kamu juga harus mengetahui berbagai macam fakta mengenai kerontokan rambut, sehingga kamu tidak akan memiliki persepsi keliru lagi mengenai rambut rontok. Berikut merupakan fakta-fakta mengenai rambut rontok:
  • Kerontokan rambut karena faktor genetik tidak hanya akan menyerang laki-laki. Ternyata, perempuan juga bisa saja mengalami rambut rontok karena fakor genetik. Walaupun demikian, kerontokan rambut pada laki-laki akan lebih cepat terlihat dampaknya dibandingkan dengan wanita.
  • Wanita akan mengalami kerontokan rambut lebih banyak daripada biasanya ketika masa-masa kehamilan dan juga masa-masa menopause. Hal ini dikarenakan ketika wanita dalam keadaan hamil atau menopause, hormon mereka berada dalam keadaan tidak seimbang. Akibatnya, rambut menjadi lebih tipis dan mudah rontok.
  • Stress sangat mempengaruhi banyak atau tidaknya rambut yang rontok. Ketika rambut yang rontok terlalu banyak, maka bisa saja itu menjadi pertanda bahwa kamu terlalu stress.
  • Jarang mencuci rambut menggunakan shampoo juga merupakan salah satu alasan yang dapat membuat rambutmu menjadi mudah rontok. Ketika kamu mencuci rambut dengan shampoo, maka segala minyak yang mengandung hormon penyebab kerontokan rambut dapat segera disingkirkan dari kulit kepala. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu mencuci rambutmu paling tidak 2 hari sekali.
  • Sinar matahari dapat membantu untuk memperkuat sel folikel rambutmu. Hal ini dikarenakan sinar matahri kaya akan kandungan Vitamin D. Vitamin D yang diserap oleh kulit kepala akan sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi bagi kulit kepala, sehingga rambut pun akan semakin kuat dan tidak mudah rontok.
  • Mewarnai rambut ataupun terlalu banyak menggunakan hair dryer ternyata juga akan membuat rambutmu menjadi mudah rontok. Oleh karena itu, ada baiknya kamu tidak melakukan eksperimen yang bersifat coba-coba terhadap rambutmu.

8 Cara Mengatasi Rambut Rontok Melalui Makanan

Cara paling mudah untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Ya, ternyata makanan yang kamu konsumsi akan sangat membantu dalam mengatasi masalah rambut rontok. Tentunya tidak sembarang makanan akan membantu dalam mengatasi rambut rontok. Jika kamu salah memilih makanan, justru rambut yang rontok akan semakin banyak dan begitupun sebaliknya. Nah, kira-kira makanan apa sajakah yang akan bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok? Jika kamu penasaran, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kacang-Kacangan



Via phz8.petinsurance.com

Jika kamu mau mengatasi rambut rontok, kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang harus kamu konsumsi. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Nah, omega-3 ini akan bermanfaat untuk memperkuat rambut, sehingga akan mengurangi rambut rontok.
Tidak percaya? Sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology telah memberikan buktinya. Pada studi tersebut, sekitar 90% wanita yang secara rutin mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 yang tinggi selama 6 bulan mengalami penurunan dalam hal rambut rontok.

2. Kerang



Via wallpaperscraft.com

Kerang merupakan makanan dengan kandungan zinc yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Nah, hal inilah yang membuat kerang memiliki kemampuan yang sangat ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Zinc merupakan salah satu mineral yang sangat bermanfaat untuk memperkuat folikel rambut, sehingga rambut menjadi tidak mudah rontok.
Dua buah studi [12] yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health telah menyimpulkan jika orang yang kekurangan zinc di dalam tubuh mereka akan mengalami kerontokan rambut yang lebih banyak dibandingkan orang dengan kadar zinc yang mencukupi. Jadi, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan zinc di dalam tubuh dan mengkonsumsi kerang merupakan pilihan paling baik.

3. Produk-Produk Susu



Via hoff.vn

Selain dapat memperkuat tulang, produk-produk yang terbuat dari susu semisal susu sapi, keju, dan yogurt juga akan sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini dikarenakan produk-produk susu memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Nah, protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan rambut karena pada dasarnya, rambut tersusun oleh protein.
Dengan mengkonsumsi protein, maka secara otomatis rambut kita pun akan mendapatkan nutrisi yang sangat mereka perlukan, sehingga rambut akan bertambah kuat dan tidak mudah rontok. Selain itu, protein juga sangat bermanfaat untuk memproduksi keratin, sebuah komponen yang sangat penting untuk memperkuat struktur rambut.

4. Ikan Salmon



Via divinehealthfromtheinsideout.com

Ikan salmon memiliki manfaat yang sangat baik untuk memperkuat rambutmu. Hal ini dikarenakan ikan salmon memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, protein akan sangat bermanfaat untuk memproduksi keratin yang akan memperkuat struktur rambut, sehingga rambut menjadi tidak mudah rontok.
Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang juga akan bermanfaat untuk memperkuat rambut. Keuntungan lainnya, ikan salmon juga tidak memiliki kalori yang tinggi, sehingga kamu bisa mengkonsumsi makanan ini tanpa khawatir akan mengalami obesitas dan dampak buruk lainnya.

5. Daging Merah



Via blog.lolofit.com

Mengkonsumsi daging merah juga akan snagat membantu untuk mengatasi rambut rontok. Daging merah juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga akan bermanfaat untuk memperkuat rambut. Selain itu, daging merah juga memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi.
Zat besi sangatlah penting untuk menunjang kesehatan rambut, karena zat besi merupakan mineral yang akan mengangkut oksigen keseluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala. Nah, jika kulit kepala mendapat pasokan oksigen yang cukup, maka proses sirkulasi darah pun tentunya akan berlangsur lancar dan folikel rambut pun akan mendapatkan nutrisi yang mereka perlukan untuk tetap sehat.

6. Telur



Via eggs.ca

Ketika berbicara tentang kandungan protein dari suatu makanan, maka tentu saja telur tidak boleh terlewatkan. Telur, terutama bagian putihnya, merupakan salah satu sumber protein tertinggi diantara semua makanan. Seperti yang telah dijelaskan, protein akan memperkuat struktur rambut, sehingga rambut menjadi tidak mudah rontok. Selain itu, bagian kuning telur juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga akan memperlancar sirkulasi darah di area kulit kepala.

7. Buah-Buahan



Via alphacoders.com

Tidak bisa dipungkiri jika berbagai jenis buah-buahan merupakan menu yang wajib kamu konsumsi jika kamu ingin memiliki tubuh yang sehat. Nah, buah-buahan tentunya juga memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Seperti yang sudah dijelaskan, kulit kepala dan juga sel folikel rambut memerlukan pasokan nutrisi yang cukup setiap harinya, sehingga rambut akan semakin kuat dan tumbuh dengan sehat. Buah-buahan mengandung berbagai macam nutrisi dan juga mineral yang akan bermanfaat untuk memperkuat rambut dan memberikan pasokan nutrisi ke kulit kepala.

8. Sayur-Sayuran



Via alphacoders.com

Selain buah-buahan, segala jenis sayur-sayuran tentunya juga tidak boleh kamu lewatkan jika ingin memiliki rambut yang kuat. Sayur-sayuran mengandung berbagai macam mineral yang akan memperkuat rambut, sehingga rambut jadi tidak mudah rontok.
Selain itu, sayur-sayuran juga mengandung serat dan juga vitamin yang akan membuat penyerapan nutrisi dari makanan kedalam tubuh menjadi lebih maksimal. Jika sudah begitu, maka tentu saja kulit kepala akan mendapatkan pasokan nutrisi yang cukup dan rambut pun akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.


Referensi :
https://ohgitu.id/cara-mengatasi-rambut-rontok/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar