Minggu, 31 Desember 2017

Inovasi dan Trendy Ebook

        Apakah anda termasuk bagian yang gemar membaca buku? Jika ya, pasti anda mengikuti perkembangan teknologi khususnya dalam kegiatan membaca buku. Membaca buku juga menjadi bagian perkembangan majunya teknologi yang sudah sering kita dengar atau kita lihat diinternet yaitu ebook. Sebenarnya apa sih ebook itu sendiri?

      Ebook adalah singkatan dari electronik book atau buku elektronik. Ebook adalah buku panduan dalam versi digital, dimana buku tersebuta bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat elektronik, alat yang bisa digunakan untuk membuka dan membaca buku elektronik tersebut seperti: komputer, laptop, handpone, tab, dll.
      Sebenarnya ebook dengan buku biasa sama saja hanya saja yang membedakan ebook tidak menggunakan lembaran-lemabaran kertas untuk menyusunya menjadi satu buku yang utuh, ebook hanya disusun menggunakan teks atau gambar yang berupa digital.


FUNGSI EBOOK
       Ebook berfungsi seperti buku-buku lainnya, di mana fungsi utamanya adalah sebagai media pembelajaran (untuk mencari ilmu dari ebook atau berbagi ilmu ke ebook). Anda bisa mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu dari ebook yang telah dibuat oleh banyak orang. Dan ebook tersebut bahkan ada yang dibagikan secara gratis dengan berbagai jenis ebook

       Selain itu, kita juga bisa membuat kreatifitas kita melalui ebook seperti halnya jika suka menulis novel kita bisa membuat tulisan atau kita bisa membaca novel secara elektronik, salah satu aplikasinya adalah wattpad. Kita dapat menuangkan sebuah cerita dalam bentuk tulisan atau kita juga bisa membaca novel dari banyak karangan berupa elektronik.

Atau jika kita ingin membuat komik berupa elektronik atau hanya sekedar membaca bisa menggunakan aplikasi seperti webtoon.

Kita bisa saling memberikan ilmu menggunakan ebook.

KELEBIHAN EBOOK
1. Untuk mendapatkannya sangat mudah 
     Mendapatkan ebook lebih mudah dibandingkan mendapatkan buku biasa. Karena kita bisa mendapatkan melalui internet dan ebook bisa didownload gratis diinternet.

2. Untuk membuatnya sangat mudah dan tidak terlalu banyak biaya.
     Berbeda dengan pembuatan buku biasa, ebook sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat ebook seperti aplikasi pembuka pdf, dan lain-lain. Mengapa mudah membuatnya? Pertama, Anda bisa membuatnya di mana pun Anda pergi (asalkan ada media seperti laptop dll) Kedua, jika ada kesalahan dalam ebook, Anda bisa memperbaiki kesalahan tersebut dengan cara mengeditnya. Ini tidak akan bisa dilakukan jika Anda telah mencetak buku biasa.

Masalah biaya, tentunya untuk membuat ebook jauh lebih hemat. Anda hanya perlu komputer atau laptop, aplikasi gratis, dan koneksi internet yang cukup. Ebook pun bisa Anda gandakan sebanyak mungkin tanpa batasan, dan tanpa biaya lagi seperti kertas, tinta, dll.

3. Mudah disimpan dan dibawa-bawa
     Ebook lebih mudah disimpan dibawa-bawa dibandingkan dengan buku biasa karna ebook tersebut sudah ada pada alat elektronik itu sendiri.

4. Tidak perlu perawatan
     Ebook tidak perlu perawatan seperti halnya dengan buku biasa deperti halnya harus dijaga dan disimpan  dari kerusakan.


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar