Kamis, 21 Maret 2019

Sejarah Animasi Di Indonesia Dan Pengertian Animasi

1. Sejarah Animasi Di Indonesia



                      Awal mula Sejarah Animasi Indonesia  mulai pada tahun 1933 karena di indonesia banyak koran lokal yang memut iklan-iklan tentang Walt Disney (Walter Elias Disney) . Lalu pada tahun 1955,Presiden pertama yaitu Ir Soekarno yang sangat menghargai seni mengirim seorang seniman yang bernama Dukut Hendronoto atau lebih di dengan sapaan Pak Ook untuk belajar tentang animasi di studio Walt Disney agar dspst mengembangkan animasi di indonesia dan Setelah belajar selama 3 bulan di sana,Beliau kembali ke Indonesia dan membuat film animasi pertama di indonesia yang berjudul  “Si Doel Memilih”.

                    Pada tahun 1963 Pak Ook bekerja di  stasiun TV di Indonesia dan mengembangkan skill animasinya. Lalu di tahun 1970 pak Ook bersama tim di stasium televisi tersebut menayangkan film yang di buat oleh Walt Disney untuk pertama kali di indonesia.

                    Sejak saat itu Animasi di indonesia semakin berkembang dan maju dan mulai lah Pada 7 Mei 2004, hadir film 3D animasi berdurasi panjang (full animation) yang di buat oleh seniman Indonesia yang berdurasi sekitar 30 menit dan judulnya adalah “Homeland” Film ini berkisah tentang petulangan dan Pada tahun 2008 indonesia berhasil membuat sebuah film 3D animasi yang di tayangkan di layar lebar (Bioskop) dan Film tersebut berhasil tembus Go Internasional,Film itu berjudul Meraih mimpi yang di produksi oleh Infinite Frameworks.Dan hingga saat ini film animasi di Indonesia semakin berkembang dan terus menunjukan kualitas yang tidak kalah dengan film animasi buatan produser animasi di berbagai negara lainya.

Adapaun Animator di Indonrsia yang di kenal hingga belahan dunia.

1.     Rini Sugianto

                      Rini Sugianto wanita kelahiran 3 Januari 1980 asal Lampung ini adalah anak bungsu dari dua bersaudara,Beliau salah satu  lulusan S2 dari Academy of Arts di San Francisco, California, yang saat ini  sebagai animator di perusahaan WETA digital di Selandia Baru.

2.      Griselda Sastrawinata





                 Griselda Sastrawinata merupakan salah satu putri bangsa yang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.Bagaimana tidak, wanita kelahiran 1982 ini berada di balik layar film-film animasi dunia salah satunya film Moana. Di dalam film animasi garapan Walt Disney ini Griselda masuk ke dalam tim visual development artist.

3.      Andre Surya





                   Lahir di Jakarta, 1 Oktober 1984 Andre mulai studi di Jurusan Desain Komunikasi Visual  di Univeritas Tarumanagara, Jakarta. Andre adalah satu-satunya digital artist asal Indonesia. Ia bekerja Lucasfilm Singapore dan masuk ke dalam divisi  Industrial Light and Magic (ILM) Lucasfilm Singapore. Lucasfilm merupakan salah satu produksi tersukses di dunia, yang didirikan tahun 1971 oleh George Lucas merupakan sutradara Star Wars.

2. Pengertian Animasi

Apa yang di maksud dengan animasi? 
                Pengertian Animasi merupakan gambar bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek-objek yang disusun secara khusus sehingga dapat bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap perhitungan waktu. Objek yang dimaksud ialah gambar manusia, tulisan teks ataupun gambar hewan.
Para pembuat konten animasi bisa disebut dengan animator. Saat ini banyak perusahaan sukses di bidang pembuatan film animasi,Seperti Walt Disney, Pixar, DreamWorks, dan lain-lain.

• Pengertian Animasi Menurut Para Ahli

1. Agus Suheri
    Menurut Agus Suheri pengertian animasi yaitu sekumpulan dari gambar yang telah diolah sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan gerakan.

2. Ibiz Fernandez
    Menurut Ibiz Fernandes pengertian animasi adalah suatu proses merekam dan memainkan serankaian gambar statis untuk mendapatkan suatu ilusi yang dapat bergerak.

Prinsip Prinsip Animasi

1. Kemampuan Menggambar (Solid Drawing)
    Solid drawing adalah kemampuan individu dalam membuat gambar dengan baik dan juga kemampuan dalam menyatukan gambar sehingga lebih nyata.

2. Menekan dan Melentur (Squash and Stretch)
    Squash and Stretch yaitu membuat objek hidup ataupun objek mati terlihat seolah nyata sehingga terlihat bergerak dan lebih hidup.

3. Antisipasi (Anticipation)
    Anticipation yaitu membuat gerakan pada sebuah objek secara berurutan sehingga orang-orang dapat memahami dan menikmati animasi yang akan ditampilkan.

4. Tata Gerak (Staging)
    Staging adalah penataan gerak dengan membuat ekspresi pada objek dalam animasi sehingga 
penonton lebih mudah mengenalinya.

5. Straight Ahead and Pose to Pose
    Dalam hal ini animator berperan dalam membuat gambar, membuat gerakan dan ukuran, yang dilakukan sejak awal membuat animasi.

Jenis-Jenis Animasi

1. Animasi Berdasarkan Bentuk dari Karakter
    • Stop Motion Animation
       Jenis animasi yang di kemukakam oleh Blakton pada tahun 1906. Blakton menggunakam tanah        liat sebagai objek animasi.
    
     • Animasi 2 Dimensi (2D)
        Animasi 2D merupakan sekumpulan gambar-gambar lucu dalam film animasi yang bertujuan            untuk menghibur seperti : Donal Bebek, Tom & Jerry, dan lain-lain.

     • Animasi 3 Dimensi (3D)
       Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D yang dimana objek dalam animasi menjadi          terlihat lebih hidup adapun film 3D seperti Finding Nemo, Toy Story, dan lain-lain.

Referensi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar